STAF PUSKESMAS MAESAN IKUTI GIAT DONOR DARAH RUTIN

Donor darah adalah prosedur sukarela yang dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain. Darah dari setiap pendonor akan dikumpulkan lewat jarum steril sekali pakai, kemudian ditampung dalam kantong darah steril untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah. Prosedur ini bisa jadi dilakukan dengan menyumbangkan darah utuh atau komponen darah tertentu, seperti trombosit atau plasma. Jumlah yang diberikan dalam prosedur donor darah komponen darah tertentu ini akan bergantung pada tinggi badan, berat badan, dan jumlah trombosit.

Darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah. Donor darah secara rutin terbukti memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh pendonor. Bagi pendonor, donor darah memiliki manfaat seperti mengetahui golongan darah tanpa dipungut biaya, pemeriksaan kesehatan teratur (tiap kali menjadi donor atau tiap 3 bulan sekali) meliputi : tekanan darah, nadi, suhu, tinggi badan, berat badan, hemoglobin, penyakit dalam, penyakit hepatitis A dan C, penyakit HIV/AIDS, mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung (jantung koroner dan stroke), menambah nafsu makan, menanamkan jiwa sosial, dan lain sebagainya.

Staf UPTD Puskesmas Maesan turut serta dalam kegiatan Donor Darah yang rutin diadakan oleh PMI Kabupaten Bondowoso bekerjasama dengan Kantor Camat Maesan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Kamis, 05 September 2024 bertempat di Aula Kantor Camat Maesan diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat se Kecamatan Maesan yang bersedia mendonorkan darah. Adapun prosedur yang dilakukan sebelum proses donor darah mulai dari registrasi, pemeriksaan kesehatan, pengambilan darah sampai dengan pemberian suplemen.

Pemeriksaan kesehatan sebelum proses donor darah

Proses donor darah

Share Berita Ini