POSYANDU ILP KAMBOJA 6 DESA SUMBER PAKEM

Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan kegiatan pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan di wilayah masyarakat Desa/Kelurahan. Pustu dan Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Harapannya, masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan dapat dengan mudah menuju ke lokasi.

Pada Hari Jum'at, 13 September 2024, Posyandu Kamboja 6 Desa Sumber Pakem melaksanakan kegiatan Posyandu ILP, kegiatan ini bertempat di salah satu Rumah Kader di Desa Sumber Anyar. Petugas yang hadir pada kegiatan ini terdiri dari Bidan, Perawat Desa dan Petugas Promosi Kesehatan dibantu oleh kader kesehatan. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh siklus hidup yaitu Ibu Hamil, Ibu Nifas, Bayi, Balita, Anak Prasekolah, Anak Sekolah, Remaja, Usia Desa dan Lansia.

Sebelum kegiatan dimulai, diawali dengan persiapan. Adapun pelayanan yang diberikan disesuaikan dengan langkah-langkah pelayanan di Posyandu mulai langkah satu sampai dengan langkah lima yakni pendaftaran, pengukuran berat badan, tinggi/ panjang badan, lingkar kepala, lingkar lengan atas, lingkar perut, tekanan darah, pencatatan, pemeriksaan gula darah, skrining kesehatan, skrining gangguang penglihatan, pendengaran, jiwa, kemandirian lansia, serta penyuluhan dan pemberian PMT. Sasaran yang hadir pada kegiatan kali ini ada sebanyak kurang lebih 50 orang. Kegiatan berjalan dengan lancar dan antusiasme sasaran juga baik. Kader Posyandu juga merasa sangat antusias dalam melaksanakan posyandu ILP.

Setelah pelaksanaan kegatan, diakhiri dengan evaluasi oleh petugas promosi kesehatan terkait pelaksanaan Posyandu ILP. Terdapat beberapa masukan dan saran baik dari petugas maupun usulan kader untuk perbaikan pelayanan siklus hidup di Posyandu

Share Berita Ini