PMT BERBAHAN PANGAN LOKAL UPTD PUSMESMAS MAESAN TEPAT SASARAN

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbahan pangan lokal adalah makanan tambahan berbahan pangan lokal yang diberikan untuk memperbaiki status gizi balita dan ibu hamil. Kegiatan PMT tersebut disertai dengan edukasi gizi dan kesehatan untuk perubahan perilaku misalnya dengan dukungan pemberian ASI, edukasi dan konseling pemberian makan, higiene sanitasi untuk ibu, pengasuh dan keluarga. Kegiatan PMT berbahan pangan lokal diharapkan dapat mendorong kemandirian keluarga dalam penyediaan pangan bergizi dengan memanfaatkan potensi pangan lokal secara berkelanjutan. 

Pengolahan PMT sekaligus pendistribusian PMT ke sasaran adalah Kader Posyandu yang sudah mendapatkan pelatihan. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah ibu hamil Kurang Energi Kronis (KEK) dan Balita gizi kurang sesuai hasil pengukuran yang telah divalidasi oleh Bidan Desa dan Ahli Gizi Puskesmas Maesan seperti yang dilaksanakan di Desa Sumber Anyar pada Hari Jum'at tanggal 16 Agustus 2024. Kegiatan ini jga dilaksanakan di seluruh desa yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesma Maesan.

Tujuan dilaksanakannya pemberian PMT bahan pangan lokal untuk meningkatkan status gizi balita dan ibu hamil melalui pemberian makanan tambahan berbasis pangan lokal sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Share Berita Ini