PENYULUHAN SEKALIGUS PEMERIKSAAN PENYAKIT TIDAK MENULAR

Tenaga Kesehatan Desa Gunung Sari melakukan penyuluhan penyakit tidak menular pada Hari Rabu, 21 Agustus 2024 di salah satu rumah warga. Penyuluhan penyakit tidak menular ini bertujuan  yaitu agar warga sadar pentingnya pengecekan kesehatan secara rutin dan untuk melakukan pencegahan penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes dll yang jarang di perhatikan oleh masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh warga sekitar, materi yang disampaikan  mengenai deteksi dini untuk mengendalikan faktor risiko PTM dan contoh penyakit tidak menular. Yang termasuk dalam deteksi dini untuk mengendalikan faktor risiko PTM antara lain pemeriksaan tekanan darah ,cek gula darah ,cek asam urat dan cek kolesterol. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit tidak menular, di antaranya faktor genetik atau turunan, usia lanjut serta faktor lingkungan.

Selain itu, penyakit tidak menular juga lebih berisiko terjadi pada orang yang memilki gaya hidup kurang sehat, misalnya: Kurang olahraga, Kebiasaan merokok, Konsumsi alcohol, Pola makan tidak sehat, seperti kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji, makanan tinggi kolesterol, garam dan gula, serta kurang mengonsumsi sayur dan buah. Setelah dilakukan penyuluhan, dilanjutkan dengan pemeriksaan.

Share Berita Ini