PELAKSANAAN KELAS IBU HAMIL PERDANA SETELAH DILAKUKAN ORIENTASI KELAS IBU HAMIL

Kelas ibu hamil merupakan upaya promosi Kesehatan Pemerintah Indonesia untuk mencegah Angka Kematian Ibu dan Bayi. Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran.

Adapun keuntungan kelas ibu hamil adalah materi diberikan secara menyeluruh dan terencana, penyampaian materi lebih komprehensif karena ada persiapan petugas sebelum penyajian materi, mendatangkan tenaga ahli untuk memberikan penjelasan mengenai topik tertentu, waktu pembahasan materi menjadi efektif karena pola penyajian materi terstruktur dengan baik, ada interaksi antar petugas kesehatan dengan ibu hamil pada saat pembahasan materi dilaksanakan. Kegiatan ini dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan sebanyak empat kali selama kehamilan, setelah diberikan materi dilakukan evaluasi terhadap petugas kesehatan dan ibu hamil dalam memberikan penyajian materi sehingga dapat meningkatkan kualitas sistem pembelajaran.

Kelas ibu hamil bertujuan untuk memberikan banyak pengetahuan, memungkinkan ibu hamil untuk memahami proses kehamilan dan persalinan yang kompleks, mendorong gaya hidup sehat, dan mempersiapkan diri untuk menyambut kehidupan baru ke dunia. Selain itu, kelas ini memberdayakan wanita dengan menanamkan rasa percaya diri, mengurangi kecemasan, dan menciptakan jaringan pendukung antara ibu-ibu calon. Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang kehamilan merupakan tujuan utama dari kelas ibu hamil.

UPTD Puskesmas Maesan melalui program KIA melakukan kegiatan Kelas Ibu Hamil perdana di periode ini pada hari Selasa, tanggal 03 September 2024 di empat desa (Suco Lor, Tanah Wulan, Sumber Anyar, dan Sumber Pakem). Kegiatan Kelas Ibu Hamil ini berbeda dari biasanya, karena petugas kesehatan mendapatkan ilmu baru dan langsung mengimplementasikannya, sehingga kelas ibu hamil kali ini menjadi lebih aktif karena banyak melibatkan paserta mulai dari perkenalan sampai dengan bermain peran.

Pelaksanaan pretest di Kelas Ibu Hamil Desa Sumber Pakem

Bermain Peran membaca komik mamamia Desa Sumber Anyar

Share Berita Ini