INGIN BERHENTI MEROKOK? HUBUNGI LAYANAN UPAYA BERHENTI MEROKOK UPTD PUSKESMAS MAESAN

Banyak tantangan yang harus dilalui perokok untuk berhasil berhenti merokok karena perokok akan merasa cemas, marah dan depresi ketika tidak merokok untuk sementara waktu. Sangat sedikit perokok yang bisa berhenti merokok dalam waktu yang spontan. Hal tersebut dikarenakan pengaruh dari lingkungan teman sebaya, merasa diasingkan jika tidak merokok saat berkumpul bersama teman, munculnya perasaan ketidakmampuan untuk berhenti merokok serta adanya kemampuan daya beli  terhadap  rokok.  Hal  tersebut  yang  menyebabkan  perokok mengklaim bahwa berhenti  merokok sangat sulit dan membutuhkan usaha yang lebih keras untuk berhasil berhenti merokok.

Keinginan berhenti merokok bukan perkara yang mudah bagi perokok tapi bukan hal mustahil bila ada kemauan yang kuat. Kebiasaan merokok yang bertahun-tahun membuat perokok sulit melepas kebiasaan tersebut. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan perokok ketika memutuskan untuk berhenti merokok, antara lain :  bulatkan tekad berhenti merokok, membiasakan berhenti merokok, kenali waktu dan situasi kapan sering merokok, mintalah dukungan dari keluarga dan kerabat, tahan keinginan dengan menunda, berolahraga secara teratur, konsultasi dengan dokter.

Kamis, 27 Juni 2024 Tim UBM UPTD Puskesmas Maesan melalui layanan UBM (Upaya Berhenti Merokok) dengan mengunjungi rumah klien UBM di Desa Sumber Pakem. Kunjungan yang dilakukan merupakan Follow Up dari kunjungan sebelumnya. Pada pertemuan tersebut, klien menyatakan telah berhenti merokok semenjak kunjungan bulan lalu. Selanjutnya diharapkan kepada seluruh masyarakat dapat hidup sehat.

Share Berita Ini