BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH (BIAS) TIBA: PASTIKAN ANAK MENDAPATKAN IMUNISASI

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Tahun 2024 telah tiba. BIAS merupakan kegiatan nasional meliputi pemberian imunisasi pada anak Sekolah Dasar (SD) sederajat yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai November untuk imunisasi Campak, Rubela, dan Human Papiloma Virus (HPV), Diphteria Tetanus (DT) dan Tetanus diphteria (Td). Program BIAS adalah kegiatan yang sangan penting yang dirancang untuk memberikan imunisasi kepada anak-anak usia sekolah, khususnya mereka yang berada di kelas 1, 2, 5, dan 6 SD/MI atau setara.

Hari Senin, 05 Agustus 2024 Kegiatan BIAS dilaksanakan di SDN Penanggungan oleh Petugas Kesehatan Desa yaitu Perawat dan Bidan. Kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh wilayah kerja UPTD Puskesmas Maesan. Kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan cakupan imunisasi karena Imunisasi adalah hak setiap anak yang merupakan salah satu cara paling efektif untuk melindungi anak-anak dari berbagai penyakit menular yang berbahaya. Vaksin membantu sistem kekebalan tubuh anak-anak untuk mengenali dan melawan penyakit sebelum mereka jatuh sakit. Dengan imunisasi yang lengkap, kita dapat mencegah penyebaran penyakit di komunitas kita dan memastikan anak-anak tumbuh sehat dan kuat.

Pelaksanaan BIAS dimulai dari pelaporan data sasaran peserta dari sekolah kepada Puskesmas setempat untuk penyiapan logistik vaksin dan vaksinator. Maka dari itu, diperlukan dukungan dari seluruh mitra pembangunan terhadap strategi dan upaya dalam mengedukasi orang tua atau wali peserta didik tentang keamanan vaksin dan pentingnya anak mendapatkan imunisasi rutin lengkap perlu dilanjutkan.

Share Berita Ini